Senin, 15 Desember 2014

Jalan-Jalan Murah Ke Malaysia

Jalan-jalan murah ke Malaysia ? pasti bisa!. Anda tidak perlu khawatir. Pasti ramai rakan-rakan yang teringin jalan-jalan ke Malaysia tapi mempunyai Budget (dana) yang pas-pasan. Tenang sekarang ada banyak cara untuk meminimalisir pengeluaran  dana, yang penting bisa sampai ke Malaysia dan bisa bersenang-senang di sana. Ada beberapa cara yang ingin saya kongsikan untuk rakan-rakan yang ingin melakukan perjalanan ke Malaysia namun mempunyai dana terbatas. Bagaimana caranya jalan-jalan murah ke Malaysia ? berikut pembahasannya mengambil contoh dari Aceh Ke Malaysia
Jalan-jalan murah ke Malaysia
Stesen Monorail KL Central Kuala Lumpur
Yang pertama sekali adalah transportasi dari Aceh ke Malaysia, disini ada dua pilihan memilih jalur laut atau udara. Melalui jalur udara anda bisa terbang melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ) ke Kuala Lumpur (LCCT) dengan kapal terbang Air Asia. Caranya carilah hari yang ada promosinya, bisa di cek di website Air Asia belilah tiket yang harga terendah. Standar tiketnya sekitar 1jutaan (pulang pergi) bukan hari promosi namun kalau hari promosi bisa lima atau enam ratusan pulang pergi.

Melalui jalur laut, sekarang ini sudah tersedia jalur Langsa-Penang dengan harga tiket sekitar Lima ratus ribu rupiah pulang pergi. Namun kendalanya disini adalah kalau tujuan anda ke Kuala Lumpur anda harus naik Bus lagi dengan ongkos sekitar Rm. 30.00 (lebih kurang seratus ribu). Satu lagi pilihan adalah melalui pelabuhan Tanjung Balai Asahan Medan ke Pelabuhan Port Klang Malaysia. Harga tiketnya sekarang sekitar enam ratus ribu rupiah, disini kalau rakan dari Aceh terlebih dahulu  naik Bus hingga sampai ke Medan seterusnya dapat melanjutkan perjalanan ke Tanjung Balai Asahan dengan Taxi khusus. Perjalanannya lebih kurang tujuh belas jam. He.he.. perkiraan ongkos bus dari Aceh ke medan sekitar 120 ribu ke atas, sekarang tergantung bus apa yang ingin rakan tumpangi. Seterusnya taxi dari Medan ke Tanjung Balai Asahan perkiraan ongkosnya sekitar 80 ribu rupiah. Kalau di total ongkos pergi baliknya dengan feri baik Langsa-Penang atau Tanjung Balai-Port Klang total biaya yang di keluarkan pulang pergi adalah sekitar 900 ribu rupiah sudah sampai ke Port Klang namun belum sampai ke Kuala Lumpur.

Untuk pergi ke Kuala Lumpur disini tersedia dua pilihan yang pertama taxi, ongkos/tambangnya sekitar Rm. 70.00 (Rp. 230.000). bersedia menghantar sampai ketempat tujuan. Yang kedua adalah kereta api, tiketnya sekitar Rm. 4.60 (Rp. 16.000). namun ianya hanya sampai ke KL sentral. Sampai disini untuk menyambung perjalanan anda, ada tersedia banyak pilihan transportasi mulai dari taxi, LRT dan Monorail, tinggal pilih dan tentukan kemana tujuan anda dan berapa budget yang anda punya, kalau hanya pas-pasan, saya menyarankan untuk naik LRT atau Monorail.

Yang kedua adalah penginapan, untuk anda yang mempunyai modal pas-pasan ada baiknya memilih Hotel Budget (hotel Murah) ada banyak pilihan tergantung dimana rakan mau menginap, di Bukit Bintang atau di Kawasan Chow Kit. Harga kamar hotel budget rata-rata mulai dari Rm. 30.00 sampai Rm. 90.00, kalau misalnya ada kawan ada baiknya menginap di tempat kawan biar sedikit hemat. He..he… sekadar pengetahuan daerah yang paling bagus dan meriah di Kuala Lumpur adanya di Bukit Bintang, selain berdekatan dengan Monorail, akses ke Mall-mall juga sangat mudah dengan hanya jalan kaki. Untuk mengatahui plaza dan mall apa aja yang ada di Bukit Bintang sudah saya ulas sebelumnya. Untuk pengetahuan rakan-rakan KLCC juga lumayan dekat dengan Bukit Bintang dan ianya dapat di jangkau dengan hanya jalan kaki atau naik bus gratis yang di sediakan oleh Pemerintah Malaysia. Bas (Bus) tersebut di beri nama Go KL CityBus warna busnya pink.

jalan-jalan murah ke Malaysia
GoKL City Bus Kuala Lumpur Malaysia

Yang ketiga adalah tempat-tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Kuala Lumpur Malaysia diantaranya adalah Kuala Lumpur Convention Center (KLCC) atau yang sering kita dengar Menara Kembar, disini selain mempunyai pemandangan yang menarik nan indah juga terdapat banyak tempat untuk ber shoping ria. Namun perlu diingat rata-rata harga barang disini adalah mahal atau merek-merek terkenal, namun ramai yang bilang harga yang mahal disebabkan oleh sewa tempat. Selanjutnya adalah Masjid India sekiranya anda ingin melanjutkan perjalanan dari KLCC ke Masjid India anda bisa naik LRT yaitu dari stesen KLCC ke stesen Masjid Jamiek. Masjid india terkenal dengan tempat shopping tudung/jilbab dan baju khususnya untuk wanita. Disini ada beberapa took yang khusu menjual secara borong/grosir. Selanjutnya dari Masjid india anda bisa singgah ke Sogo Kuala Lumpur, di Sogo tersedia banyak sekali barang sekiranya anda ingin bershopping ria, disini juga banyak merek-merek terkenal yang dijual dengan harga lumayan. Sekira waktu anda pergi sedang promosi harga barang yang dijual bisa diskon mencapai 70%. Seterusnya kalau anda ingin berjalan-jalan anda bisa jalan kaki ke pasar seni atau Pudu sentral bahkan Petaling street dimana ianya semua bisa dicapai dengan jalan kaki. Kalau anda malas anda bisa naik LRT dari Masjid Jamiek ke Pasar Seni. Satu lagi yang hampir lupa saya sebut adalah Dataran Merdeka Kuala Lumpur, kalau anda suka berpose dengan pemandangan terindah disinilah tempatnya.
jalan-jalan murah ke Malaysia
foto freemalaysiatoday.com

Sebenarnya banyak sekali tempat yang bisa anda kunjungi di Malaysia, misalnya GentingHighland, Cameron Highland yang banyak kebun strawberry, kebun teh dan taman kupu-kupu, seterusnya kalau mau ke pantai ada pantai Port dickson yang sangat terkenal dengan ke indahannya. Terus ada juga pantai di pulau Pangkor. Dan lain-lain lagi yang belum saya sebut, mudah-mudahan suatu hari rakan-rakan dapat menginjak tanah melayu ini.

Soal dana tidak perlu banyak-banyak minimal 3 juta sudah cukup dengan tiket pulang pergi dan nginap di hotel murah tentunya. Pasti cita-cita rakan-rakan yang pengen sekali jalan-jalan ke Malaysia terwujud. Sekian dari saya, Mohon kritikan pedasnya dimana ada kata-kata yang harus di perbaiki atau dari segi uraiannya.

6 Komentar Jalan-Jalan Murah Ke Malaysia

  1. Balasan
    1. Trima kasih sudah berkunjung... :)

      Hapus
  2. kesimpulannya berarti dengan budget 3jt uda bisa main ke negeri jiran malaysia :)
    kalo pengen maen ke Negeri yang lebih murah lagi, klik di link ini http://negeridalamaksara.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. saya sangat setuju, terkadang berjalan-jalan kemalaysia lebih murah dari pada ke bali Indonesia.... terutama tiket peswatnya... ko bisa ya??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkin faktor jauh..dan juga faktor keuangannya atau Cukai.. yang menjadikan sesuatu itu mahal.. :)

      Hapus

Back To Top