Tempat Wisata Menarik Di Malaysia

Informasi Tempat Wisata Menarik Di Malaysia | Wisata Kuliner Malaysia | Medical Tourims Malaysia

KENAPA HP MALAYSIA ADA ORIGINAL DAN AP SET?

Sering beli hp di Malaysia dengan membelinya di kaunter HP biasa, lalu semasa rusak anda mau klaim garansi ke Service Center tidak dilayan? Kenapa? Mari kita cari jawabannya…!

Untuk pengetuhuan rakan-rakan semua, hampir semua HP yang dijual terutama sekitar Kuala Lumpur itu adalah AP kecuali Kedai/Toko tersebut jelas tertulis bahwa mereka Dealer atau distributor sesebuah merek HP. HP AP set memang sama mirip seratus persen dengan yang asli. Tetapi mereka bukanlah syarikat atau perusahaan atau distributor yang ditunjuk sebagai pengedar oleh Pengeluar Merek HP tersebut. Contoh paling dekat adalah Nokia, Nokia di Malaysia ada yang Garansinya ditanggung oleh Asia Mobile, VSCom dan uTNT mereka adalah pengedar HP AP Nokia yang tidak di Iktiraf oleh perusahaan Nokia. Sedangkan pengedar Nokia original Malaysia hanya ada Zithron dan Avaxx. Mereka ini adalah pengedar sah, dimana ketika mau klaim Garansi bisa langsung berurusan dengan Nokia Malaysia.

Lalu Perbedaannya Apa?
Kalau HP Ori dan AP saya rasa semua sama, Cuma bedanya dari Segi Garansi, Kalau Yang Original Garansi di Tanggung Oleh Perusahaan Pengedar Sah. Misalnya Iphone dan sejenisnya di tanggung oleh Apple Malaysia, Samsung Ditanggung oleh Samsung Electronic Malaysia (SME). Kelebihannya sekiranya rusak boleh dirujuk kemana-mana dealer utama. Sedangkan AP harus dan wajib di hantar syarikat atau took dimana kita beli HP tersebut.

Perbedaan lainnya adalah dari segi harga, kebiasaannya harga Orginal bisa jauh lebih mahal berbanding AP. Dan  apabila anda beli AP set anda tidak mendapatkan bonus-bonus yang sedang dipromosikan oleh merek-merek HP tersebut.

Pilihannya??
Beli Original atau AP Kualitasnya sama saja. Sebab barangnya dikeluarkan oleh perusahaan resmi. Namun bedanya Cuma masa kita mau klaim garansi. Saran saya adalah hati-hati saja jangan sampai terbeli yang Clone/replika. Jaman sekarang kalau kita tidak pandai memilih kita akan ditipu oleh sipenjual, silap-silap dikasi yang Clone, contohnya seperti Samsung S4, di Malaysia selain beredar S4 Original dan Ap, banyak juga beredar S4 Clone dengan berbagai tipe.. mulai dari yang super mirip 99% hingga yang biasa-biasa saja. Pengalaman saya memakai S4 super dulu adalah kesemua fungsi dan kemiripannya sama, bahkan internal memory beserta ram juga sama. Namun processornya sudah lain. Kamera juga sama dengan yang original, namun fitur-fitur resmi Samsung tidak bisa dipakai. Yang paling ketara sekali adalah fitur NFC. Walaupun ada dalam HP NFC di hp Clone tidak bisa dipakai sama sekali. Mengenai jaringan sama dengan yang aslinya.

Kesimpulan
-          Beli original set anda akan mengeluarkan uang lebih banyak ketimbang AP.
-          Beli AP sama saja, Cuma kekurangannya semasa anda klaim garansi anda harus pergi ketoko pertama dimana anda beli.
-          Hati-hati beli ditoko-toko luar, jangan sampai ditipu dikasi clone set ataupun referbis set.
-          Saran saya kalau anda pergi ke Malaysia dan ingin beli HP di Malaysia baiknya anda beli di Mall-mall terkenal seperti di Low Yat Plaza, Bukit Bintang, dan Sungei Wang Plaza. Dalam hal ini saya tidak menyarankan anda untuk beli di Pertama Complex. Karena ramai yang mengeluh ketika membeli barang disitu.

Sekian.


Back To Top