Tempat Wisata Menarik Di Malaysia

Informasi Tempat Wisata Menarik Di Malaysia | Wisata Kuliner Malaysia | Medical Tourims Malaysia

Mie Aceh Di Malaysia, Rasa Tetap Sama

Dari berbagai jenis kuliner yang terdapat di Aceh, yang paling terkenal sekali adalah Mie Aceh, Mie Aceh yang merupakan hidangan tradisional khas Aceh sangat terkenal dengan bumbu yang pedas rasanya. Corak dan gaya pembuatan pun berbeda-beda mulai dari goreng, Tumis hingga berkuah. Bahan utama dalam membuat Mie Aceh ini sungguh senang didapat, hampir sama dengan Mie lainnya Mie Aceh menggunakan Mie yang sedikit tebal berwarna kuning ditambah dengan bumbu-bumbu beserta daging atau udang atau cumi-cumi bahkan kepiting. cara-cara membuatnya pun tidaklah terlalu sulit.


Mie kuning yang digunakan untuk membuat Mie Aceh

Di Malaysia ternyata ada juga sajian Mie Aceh, hal ini saya ketahui ketika saya berada sekitar Chowkit yang terkenal dengan begitu ramai sekali orang Aceh di sekitar sini. Mie Aceh yang ala-ala khas Aceh ini dibuat sama dengan Mie yang Ada di Aceh umumnya namun ditambah dengan bumbu-bumbu spesial yang ada di Malaysia. Salah kedai di Jalan Raja Alang yang menyediakan Mie Aceh yang terkenal sekarang ini adalah Kedai Syak Ya, ya di kedai inilah Mie Aceh yang paling enak yang pernah saya coba. bumbu-bumbunya pun terasa lain dari yang lain.

berdasarkan ngobrol-ngobrol dengan dia, yang hanya berstatus pekerja dikedai tersebut, Mie kuning itu diolah sendiri dengan hasil belajar di kampung halamannya. dia yang berasal dari Ulee Glee Pidie jaya dulu juga pernah jualan Mie Aceh di seputar Pasar Ulee Gle. Selain dari Syak Ya ada juga beberapa tempat lain yang menjual Mie Aceh tersebut, saya menganggarkan ada lebih kurang delapan restoran atau kedai makan dalam bahasa Melayu menyediakan sajian Mie Aceh, Paling banyak ya, sekitar Jalan Raja Alang baik itu di Pondok "Aceh Meutuah", Kari Kambing Bang Ali, Restoran Kelate, dan sebagainya.
Cara Membuat Mie Aceh

Bahan-Bahan Untuk Membuat Mie Aceh

Sediakan 200 gram daging kambing, bisa juga udang atau kepiting atau cumi-cumi, 300 gram mie basah besar, diseduh air panas. 4 siung bawang putih, diiris tipis-tipis. 3 butir bawang merah, diiris tipis-tipis. 1 buah tomat, dipotong-potong, 750 ml air (tergantung mau masak kuah, tumis ataupun goring ikut selera anda), 300 ml kaldu sapi, 50 gram toge, 50 gram kol, diiris-iris tipis, 1 1/2 sendok makan Kecap masin dan kecap manis, 1/2 sendok makan garam, 1 sendok teh gula pasir, 3 sendok makan minyak untuk menumis, 1/2 sendok teh cuka, 1 batang daun bawang, dipotong cacah sepanjang 1 cm,

Bumbu halus
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 butir kapulaga
4 buah cabe merah biasa, buang bijinya
2 cm kunyit, dibakar
1/4 sendok teh jintan
1/2 sendok teh lada bubuk putih

Bahan Acar Mentimun
3 buah mentimun, dibuang bijinya, potong kecil-kecil
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh cuka
1/2 sendok teh garam
Bahan Pelengkap Hidangan
100 gram emping goreng
Bawang goreng secukupnya


Cara memasak
Rebus daging kambing dan daun salam dalam air. Setelah matang buang airnya. Potong-potong. Sisihkan.
Tumis bawang putih, bawang merah, dan bumbu yang telah dihaluskan sampai beraroma harum. Tambahkan daging kambing tadi. Aduk sampai rata.
Tambahkan tomat, toge, dan kol. Aduk hingga layu.
Masukkan kecap manis, garam, gula pasir, kaldu sapi, dan cuka. Masak sampai meresap.
Masukkan mie. Masak sampai matang. Menjelang diangkat, taburkan daun bawang. Aduk sampai rata.

Sajikan mi aceh dengan acar mentimun, emping goreng dan taburan bawang goreng.
Untuk 3
Mie Aceh memang beda...!

Sekian Pontingan kali ini semoga bermanfaat bagi anda yang ingin berlibur ke Malaysia dan pengen mencicipi Masakan Mie Aceh silakan ke daerah atau jalan yang sudah saya sebutkan tadi.

Back To Top