Rabu, 23 Januari 2019

Nasi Goreng Tom Yam Ala Thailand

Nasi Goreng Tom Yam Ala Thailand –  Pada umumnya yang sering kita dengar hanya Tom Yam saja namun kita jarang mendengar yang namanya nasi goreng Tom Yam. Tom Yan sendiri adalah masakan khas dan sangat populer di Thailand dan juga beberapa Negara ASIA lainnya termasuk Malaysia, Singapore, Brunai Darussalam, Namun di Indonesia kita baru saja mengenalnya. Kalau kita ingin mencari bumbunya mungkin masih susah dan sangat jarang dijual di pasar ataupun dikedai-kedai kelontong daerah kita sendiri.

nasi goreng tomyam

Buat anda pecinta masakan khas Thailand mungkin Tom yam atau disebut juga dengan nama Tom Yum Goong tidak asing bagi anda, dengan rasanya yang asam dan pedas serta sangat nikmat disajikan dalam keadaan hangat. Untuk kali ini admin tidak meng-share lagi tentang resep sop tomyam ala Thailand, namun mencoba untuk share resep nasi goreng Tomyam Ala Thailand, sumbernya dari website Miss Siri (www.spoonforkheart.com) yang popular dengan berbagai resep dan resepinya ala Thailand. Oke langsung saja, berikut adalah resep dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng Tom Yam.

Bahan-bahan Nasi Goreng Tom Yam:

3 cangkir dimasak beras melati
14 udang besar
4 iris lengkuas
3 batang serai
4 daun jeruk purut
2 cabai merah
1/2 cangkir potong dadu bawang
1/2 cangkir potong dadu tomat (biji dihapus)
2 sendok makan pasta cabai
3 sendok makan susu evaporated
2 sendok makan kecap ikan
gula 1 sendok teh
1/4 sendok teh garam
3 sendok makan air jeruk nipis
2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat Nasi Goreng Tom Yam

Yang Pertama sekali, siapkan daun jeruk purut (limau Purut), serai potong kecil-kecil, lengkuas, lalu tumbuk hingga hancur.
Potong dadu bawang, tomat silakan buang bijinya, dan juga cabai merah.
Setelah itu, goreng bahan yang pertama tadi, kemudian masukkan sauce Tom yam (disini saya menyarankan perencah Nasi Goreng Tom Yam merek adabi) selain beredar di malaysia, di Indonesia juga mudah didapatkan. Setelah warnanya kekuningan dan naik bau, silakan masukkan sayurannya, goreng sebentar lalu masukkan susu, udang,  goreng hingga semuanya masak, lalu masukkan nasinya. goreng perlahan, silakan tunggu hingga masak.

Nasi Goreng Tom Yam Siap disajikan, anda bisa menambah menunya dengan meletakkan Telur dadar ataupun Udang Goreng diatasnya. Rasa nasi goreng ini mungkin agak sedikit masam dengan ciri khas Tom Yamnya. Demikian artikel ini semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon