Rabu, 27 April 2016

Kuliner Unik Khas Tegal Indonesia

Kuliner Unik Khas Tegal - Kota Tegal adalah salah satu kota di kabupaten Tegal di pantai utara Jawa Tengah yang berjarak 100 km dari kota Cirebon dan mempunyai dialek bahasa Jawa yang unik yang disebut “Ngapak”. Kota Tegal yang dilalui jalur utama pantura membuat kota ini berkembang menjadi kota transit di mana hotel dan penginapan banyak tersedia di sini.
Ditambah dengan beragamnya obyek pariwisata yang ada di kota ini membuat kebutuhan akomodasi terus meningkat. Kota Tegal juga terkenal dengan sebutan kota warteg atau warung tegal karena pemilik warung makan sederhana yang banyak terdapat di kota Jakarta ini umumnya berasal dari kota Tegal. Namun ternyata, selain makanan yang ada di warteg, kota Tegal juga mempunyai aneka kuliner lain yang unik dan khas yang hanya ada di kota ini. Berikut beberapa contoh aneka makanan khas Tegal:

1.       Ketupat Glabed

Ketupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental. Glabed sendiri berasal dari ucapan orang Tegal dalam mengekpresikan kuah yang kental. Glabed-glabed!
Kuah kuning kental ini berbahan santan kental dan rempah yang beraneka ragam. Penggunaan bumbu dan santan kental membuat citarasa ketupat glabed sangat gurih dan harum. Ketupat glabed disajikan dengan memotong-motong ketupat dan tempe goreng yang kemudian disiram kuah kental dan ditaburi bawang goreng dan kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong. Biasanya ketupat glabed dimakan dengan aneka sate seperti sate kerang, sate telur puyuh, sate kikil yang dimasak dengan bumbu pedas. Warung yang berada di depan Stasiun Besar Kota Tegal menjadi tempat favorit wisatawan untuk menikmati ketupat glabed ini.
kuliner unik khas tegal
Photoright: jateng.tribunnews.com

2.       Kupat Bongkok

Warung Bu Isah menjadi tujuan wisatawan yang sedang berkunjung ke kota Tegal untuk menikmati Kupat Bongkok Tegal yang istimewa. Warung yang berada di Jl. Proklamasi, tepatnya di depan kantor Pos Besar Kota Tegal telah dikenal oleh warga kota Tegal menyajikan kupat bongkok yang gurih. Nama kupat bongkok berasal dari desa penjual kupat ini yaitu desa Bongkok, kecamatan Kramat kabupaten Tegal. Kupat Bongkok tidak lagi menggunakan ketupat namun menggunakan lontong yang disuguhkan dengan sambal goreng, tauge, serta kuah dari rebusan tempe semangit. Kecap dan sambal disajikan terpisah sesuai selera pembeli. Di Jawa Tengah tempe semangit ini dikenal dengan tempe bosok yang berasal dari tempe yang didiamkan selama tiga hari hingga berubah menjadi tempe semangit. Untuk tambahan lauk, disediakan tempe goreng dan udang goreng tepung.

3.       Lengko

Lengko tidak menggunakan bahan dasar dari hewan sehingga makanan ini kaya akan protein nabati, serat serta rendah kalori yang cocok bagi pola hidup vegetarian. Lengko dapat disajikan bersama nasi atau  lontong dengan menambahkan tempe dan tahu goreng yang dipotong kecil-kecil kemudian diberi tauge rebus dan disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis. Kecap yang digunakan berasal dari kota Cirebon yang terkenal dengan rasanya yang khas dan teksturnya yang lebih encer dari kecap lainnya. Sebagai pelengkap di atas nasi lengko ditaburi bawang goreng dan daun kucai yang dicincang halus. Jika anda ingin menambahkan daging, nasi lengko bisa juga disajikan dengan sate kambing muda yang empuk.

kuliner unik khas tegal
Photoright: mynamefood.blogspot.com

4.       Blengong Goreng

Jika anda melewati perbatasan Brebes – Tegal, sempatkan untuk singgah di satu tempat makan khas dari Tegal di kawasan Kaligangsa yaitu blengong goreng. Blengong merupakan hewan persilangan dari itik dan bebek. Daging blengong lebih empuk dari bebek ataupun ayam kampung sehingga makanan ini bisa dimakan oleh semua kalangan termasuk orang tua. Blengong biasanya disajikan dengan cara digoreng dengan kupat sebagai paduannya dan kuah kental dan sate tulang rawan atau sate blengong sebagai tambahan lauk. Bumbu yang digunakan sama seperti masakan pada umumnya, yang berbeda hanya pada pengolahan blengong yaitu dengan cara disiram air panas kemudian disiram gula dan santan agar bumbu meresap setelah itu daging blengong baru direbus kurang lebih selama satu jam. Perebusan ini bertujuan agar daging blengong lebih empuk dan gurih sebelum digoreng. Sambal yang disajikan untuk disantap bersama blengong disebut sambal glower dengan tingkat kepedasan yang bisa dipesan. Sambal bledek adalah sambal dengan tingkat kepedasan maksimal. Penjual kupat blengong dapat anda temui di sepanjang Jalan Sawo kelurahan Kraton Tegalsari kota Tegal. 
kuliner unik khas Tegal
Photoright: sehuahmad1.wordpress.com

5.       Kuliner Unik Khas Tegal Nasi Ponggol

Di kota Tegal, nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan lauk pendamping seperti oseng-oseng tempe, mie goreng, telur, ikan asin, tahu, tempe mendoan dan kerupuk. Yang unik dari oseng-oseng tempe nasi ponggol ini adalah pembuatannya dijemur terlebih dahulu selama 1 hari sebelum dimasak. Kini nasi ponggol telah dikreasikan dengan sebutan Ponggol Setan karena penjual nasi ponggol ini yang buka hingga malam dini hari. Namun kini, sesuai dengan permintaan penggemar nasi ponggol setan sudah mulai dijual pagi hari yang bisa anda temui di alun-alun kota Tegal, kompleks stasiun kereta api dan beberapa jalan protokol di kota Tegal. 
kuliner unik khas Tegal
Photoright: kanalarudam.blogspot.com

Gimana, mau nyobain kuliner unik khas Tegal ini? Yuk liburan ke Tegal. Ada banyak hotel di sini buat tempat kamu menginap selama liburan kesini. Coba pesan di Traveloka.com aja, harganya lebih murah dari yang lain. J

0 Komentar Kuliner Unik Khas Tegal Indonesia

Posting Komentar

Back To Top