Tempat Wisata Menarik Di Malaysia

Informasi Tempat Wisata Menarik Di Malaysia | Wisata Kuliner Malaysia | Medical Tourims Malaysia

Berburu Nasi Biru di Kelantan Malaysia

Indonesia merupakan Negara besar yang pada sisi utaranya di batasi oleh Negara Malaysia yang juga kaya akan budaya. Dengan jaraknya yang tidak jauh dari Negara Indonesia, Malaysia menjadi salah satu pilihan tujuan traveling yang banyak dipilih oleh sebagian besar Masyarakat Indonesia. Selain Menara Petronasnya yang indah serta megah, kuliner khas malaysya juga menjadi salah satu tujuan dan sasaran para traveler dunia yang sedang berkunjung di Negara tetangga Indonesia ini. Nasi Biru adalah salah satu masakan unik khas dari negri jiran Malaysia, yang mengundang banyak perhatian dari beberapa traveler yang berkunjung di Negara ini. Penasaran dengan makanan ini ? disini akan diulas beberapa hal mengenai Nasi Biru khas Kerabu Kelantan yang akan membuat rasa penasran Anda tertuntaskan.
Nasi biru kelantan
Hidangan Nasi Kerabu Kelantan | Hmetro Malaysia

Si Biru Yang Cantik Nan Menawan
Jika di Indonesia memiliki nasi kuning yang menjadi sajian khas budaya Jawa, di Malaysia pun ada Nasi Biru yang menjadi sajian unik penggugah selera. Nasi kerabu merupakan makanan khas dari negeri Malaysia yang berbahan nasi dengan warna biru muda. Warnanya yang khas inilah yang membuat mata para traveler yang berkujung ke Negara ini menjadi terbelalak dan tidak segan untuk mencobanya. Rahasia warna dari nasi kerabu biru ini adalah kelopak bunga talang, dimana kelopak yang berwarna biru diolah sedemikian rupa sehingga mampu membuat perubahan warna dari yang semula putih menjadi biru muda yang tentu aman jika di konsumsi. Aroma nasi kerabu yang menggetarkan indra penciuman ini berasal dari rempah-rempah seperti daun kesom, daun kadok, bunga kecombrang, daun kunyit dan juga daun pegangan. Daun ini semuanya kemudian diiris dengan sangat halus lalu dicampurkan saat proses pembuatan. Prosesnya yang sulit membuat nasi ini menjadi pilihan tepat penggila kuliner.

Cara Penyajian Nasi kerabu Kelantan lain dari yang lain | MalaysiaAsia.my

Penyajian Nasi Kerabu Biru Khas Kelantan Malaysia
Warnan yang memikat serta aroma yang menggoda, tentu saja membuat siapapun yang menyanding akan ingin segera merasakan makanan khas yang satu ini. Format penyajianya yang sederhana namun menarik, membuat makanan ini menjadi favourit para traveler yang berkunjung ke Malaysia. Nasi kerabu biru ini dihidangkan dengan lauk penyanding tak kalah unik yaitu ikan asin yang telah digoreng, kelapa parut atau serundeng, ayam goreng, tauge, cumi-cumi, ayam percik, telur asin, solok lada dan salah satu yang wajib dan tidak boleh tertinggal yaitu kerupuk. Untuk rasa yang lebih nendang, biasanya nasi biru ini juga kerap disajikan dengan penyedap seperti saus ikan bilis atau orang Malaysia sering menyebutnya dengan budu. Saking lengkapnya sajian yang ditawarkan, tentu saja perut Anda akan terpuaskan dan dijamin akan penuh sesak setelah mengkonsumsi makanan khas Malaysia ini. Bagi Anda para traveler sejati, akan sangat rugi jika anda sudah berkunung di Malaysia namun tidak sempat mencicipi makanan biru ini.



Back To Top