Senin, 20 April 2015

Yuk Jalan-Jalan Ke Dataran Merdeka Kuala Lumpur

Kalau Anda memutuskan berlibur ke Malaysia, pastikan Anda mengunjungi Merdeka Square atau Dataran Merdeka.Terletak didepan gedung Sultan Abdul Samad, tempat ini merupakan tempat pertama kalinya bendera Malaysia dinaikkan pada tanggal 31 Agustus 1957. Jadi kalau Anda berkunjung pada tanggal 31 Agustus Anda bisa melihat parade kemerdekaan diadakan disini.

Dataran Merdeka
Kawasan Dataran Merdeka Terdapat Pemandangan Yang Indah dan Bersih

Sejarah dari Dataran Merdeka

Sebelum dikenal sebagai Dataran Merdeka, daerah tersebut dikenal sebagai Padang atau Selangor Club Padang yang merupakan tempat bermain Cricket. Cricket merupakan permainan yang berasal dari Inggris yang dibawa ke Malaysia saat penjajahan bangsa Inggris puluhan tahun yang lalu. Selain Cricket, bukti penjajahan bangsa Inggris terlihat pada bangunan Sultan Abdul Samad. Bangunan Sultan Abdul Samad ini pun tidak kalah menariknya dengan design yang terinspirasi dari arsitektur Moghul, bangunan ini dirancang oleh A.C Norman. Setelah lama ditinggalkan, bangunan ini sekarang merupakan tempat Kementrian Kesenian dan Kebudayaan. Kalau Anda penggemar acara Amazing Race Asia Anda pasti tahu kalau tempat ini juga merupakan tempat dimulainya acara Amazing Race Asia musim pertama.

Walau Anda bukan penggemar sejarah tapi tempat ini wajib buat dikunjungi dan pastinya Anda tidak akan merasa bosan sedikitpun disini. Apalagi kalau Anda pergi bersama agen perjalanan, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan penting dari si tour guidenya belum lagi pemandangannya yang indah. Mungkin itu juga salah satu alasannya Dataran Merdeka dijadikan tempat dimulainya perlombaan Amazing Race Asia musim pertama.


Dataran Merdeka
Baik Siang maupun Malam Dataran Merdeka Tetap Ramai Dikunjungi apalagi kalau ada acara

Bangunan-Bangunan yang Ada di Sekitar Dataran Merdeka

Disekitar Dataran Merdeka ada banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah. Didalam kawasan Dataran Merdeka ada bangunan Sultan Abdul Samad yang merupakan kantor Kementrian Kesenian dan Kebudayaan Malaysia seperti yang saya sudah jelaskan diatas. Di seberang bangunan Sultan Abdul Samad ada kompleks Klub Royal Selangor yang sangat terkenal. Tempat ini dibangun pada tahun 1884 loh jadi umurnya udah tua banget dan Anda bisa melihat sentuhan bangsa Inggris di bangunan ini karena bangunan ini merupakan tempat pertemuan komunitas orang-orang kolonial Inggris kelas atas. Jadi ibaratnya tempat ini seperti Hollywood zaman dulu. Disebelah selatan terdapat Museum Sejarah Nasional Malaysia yang menyimpan berbagai macam koleksi benda bersejarah. Tapi sekarang koleksi-koleksi tersebut tidak lagi berada disana melainkan di Museum Negara. Jadi kalau Anda berkunjung kesana dalam waktu dekat ini Anda tidak akan bisa melihat koleksi-koleksi tersebut tapi setidaknya Anda bisa melihat sejarah tentang Kuala Lumpur dalam bentuk model miniatur seperti yang ada di Monas di Galeri Kota Kuala Lumpur yang berada disebelah Museum Sejarah Nasional. Disebelah utara Anda akan menemukan Cathedral Angelikan Santa Maria yang lagi-lagi merupakan bukti peninggalan bangsa Inggris.

Dataran Merdeka
Pemandangan Dataran Merdeka Dimalam Hari | Photo SAF Photography

Nah, itulah sedikit informasi Tempat Wisata Menarik DiMalaysia  tentang Merdeka Square atau Dataran Merdeka. Semoga informasi ini semakin membuat Anda tertarik untuk mengunjungi Malaysia.

0 Komentar Yuk Jalan-Jalan Ke Dataran Merdeka Kuala Lumpur

Posting Komentar

Back To Top