Tempat Wisata Menarik Di Malaysia

Informasi Tempat Wisata Menarik Di Malaysia | Wisata Kuliner Malaysia | Medical Tourims Malaysia

Genting Highland, Tempat Wisata Menarik Di Malaysia

Nama Genting Highland tentunya sudah tidak asing bagi anda yang sudah sering berwisata ke Malaysia, Genting Highlands atau Tanah Tinggi Genting (2000 m di atas muka laut) adalah puncak gunung dari pegunungan Titiwangsa di Malaysia serta menjadi tempat resort terkenal dengan nama yang sama. Berada di perbatasan negara bagian Pahang dan Selangor, tempat ini dapat dicapai dengan satu jam berkendara roda empat dari Kuala Lumpur atau melalui kereta gantung Genting Skyway yang saat ini merupakan yang tercepat di dunia dan terpanjang di Asia Tenggara).
Pemandangan dari Atas Genting Highland
Genting Highlands didirikan oleh Lim Goh Tong dari Fujian, Cina pada awal tahun 1960-an. Sejak itu, Genting Highlands berkembang pesat dan menghasilkan perusahaan-perusahaan lainnya di bawah Genting Bhd, seperti perusahaan kertas, stasiun pembangkit tenaga listrik, perusahaan perkebunan, perumahan, perusahaan minyak, kapal pesiar, dll.

Genting Highlands merupakan salah satu ujung tombak pariwisata nya Malaysia. Genting terletak di antara dua negara bagian yaitu Selangor dan Pahang, sekitar 1 jam perjalanan naik bus dari Kuala Lumpur, atau jika anda bawa mobil pribadi sendiri mungkin bisa kurang dari 1 jam. Bagi anda yang belum pernah kesana, mungkin anda terbayang-bayang, seperti apa sebenarnya Genting Highland ini? Kalau boleh saya analogikan, Genting Highland ini seperti Dufan Ancol ditambah tempat judi, dan diletakkan di Puncak Pass.

Genting Highland merupakan tempat untuk bersenang-senang sepanjang waktu yang terletak di puncak Genting Highlands yang dingin dan berangin sejuk. Memang, salah satu daya tariknya adalah cuacanya yang sejuk. Karena berada di ketinggian 2.000m, warga Malaysia suka mengunjunginya untuk menikmati cuaca ala Eropa!
Kawasan yang tinggi, dingin sudah pasti

Di malam hari, terdapat hiburan yang spektakuler di Genting International Showroom atau Pavilion, seperti pertunjukan sulap yang menghebohkan atau ekstravaganza selancar es. Juga ada aktivitas lain seperti berbelanja di First World Plaza, mengunjungi taman hiburan baik di dalam maupun luar ruangan, serta menikmati aneka makanan lezat di berbagai restoran yang tersedia.

Taman hiburan dalam ruangan / kompleks perbelanjaan First World Plaza memiliki banyak wahana dan enam kawasan bertema khusus yang dinamai menurut kota-kota dan tempat terkenal di seluruh dunia - Perancis (Champs Elysees), Inggris (London), Italia (Venice), Amerika (Times Square dan Universal Walk), Swiss (Alpen) dan Malaysia (Genting Walk).

Sedangkan Snow World menampilkan pondok kayu, iglo, seluncur toboggan dan kawasan bermain salju. Di sini sangat dingin, jadi ingatlah untuk mengenakan pakaian hangat. Anak-anak pasti menyukai Rainforest Splash Pool, meskipun udaranya dingin namun kolamnya tetap hangat

Atraksi lainnya adalah Genting Sky Venture, simulator terjun bebas satu-satunya di Asia, serta Genting X-pedition Wall, sebuah dinding panjat tebing berstandar internasional yang memiliki tinggi sampai 15 meter, dengan lintasan gantung sepanjang 6 meter. Terdapat pula arena boling, permainan video, bioskop dan berbagai wahana permainan seru lainnya.

Area Permainan Yang Banyak

Cara untuk Pergi Ke Genting Highland
Nah, ini tergantung di airport mana anda mendarat. Untuk anda ketahui airport dekat kota Kuala Lumpur ada dua, yaitu Low Cost Carrier Terminal atau LCCT Airport dan Kuala Lumpur International Airport atau KLIA. Bagi anda yang menggunakan Air Asia sudah pasti anda akan mendarat di LCCT Airport, tapi jika anda menggunakan Airline selain Air Asia anda akan mendarat di KLIA. Kedua airport tersebut letaknya sekitar 70 km dari kota Kuala Lumpur.

Dari LCCT Airport ke Genting Highlands
Anda bisa mencarter mini bus yg muat untuk 9 orang langsung ke Genting dari LCCT, ongkosnya sekitar RM 300 one way. Cara lain yang paling murah adalah, anda naik bis dari LCCT ke KL Sentral terlebih dahulu. KL Sentral itu merupakan pusat stasiun kereta di kota Kuala Lumpur. Lama perjalanan naik bis dari LCCT ke KL Sentral adalah 1 jam, dan biayanya sekitar RM8 s/d RM9 per orang. Nah dari KL Sentral anda bisa cari Genting Express Bus Service.

Biaya bis dari KL Sentral ke Genting Highlands berkisar antara RM 8 s/d RM10 dan akan memakan waktu sekitar 1 s/d 2 jam perjalanan tergantung dari macet atau tidaknya jalanan. Coba cek jadwal Genting Express Bus Service disini. Cek websitenya LCCT Airportdisini.

Kalau anda malas naik bis dari LCC airport ke KL Sentral atau Kuala Lumpur, bisa juga anda naik taxi, tapi anda sebaiknya membeli kupon taxi dulu di airport, jika tidak, maka anda akan dikenakan biaya gila-gilaan dari si supir taxi. Biaya naik taksi mungkin sekitar RM 80 ke KL Sentral atau Kuala lumpur.

Dari KLIA Airport ke Genting Highlands
Saya tidak tahu apakah anda bisa men-charter mini bus atau tidak dari KLIA. Jika di LCCT ada mini bus ke Genting, seharusnya di KLIA ini juga ada. Cara yang paling mudah dan murah adalah, anda naik bis dari KLIA Airport ke Kuala Lumpur terlebih dahulu. Lama perjalanan naik bis dari KLIA ke Kuala Lumpur adalah sekitar 1 jam, dan biayanya sekitar RM 8 s/d RM 9 per orang. Nah dari kota Kuala Lumpur coba anda cek jadwal keberangkatan bis ke Genting Highlands disini. Cek websitenya KLIA Airport disini.

Cara lain bisa juga anda menggunakan kereta dari KLIA ke KL Sentral. Biayanya RM 35 per orang dan RM 15 untuk anak kecil one way. Kereta apinya sangat bagus dan hanya menyita waktu sekitar 28 menit untuk sampai ke KL Sentral, cuma memang biayanya jauh lebih mahal dibanding naik bis. Nah dari KL Sentral anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Genting Express Bus Service.

Ongkos bis dari KL Sentral ke Genting Highlands berkisar antara RM 8.50 s/d RM 10 dan akan memakan waktu sekitar 1 s/d 2 jam perjalanan tergantung dari macet atau tidaknya situasi jalan. Coba cek jadwal Genting Express Bus Service disini.

Kalau anda malas naik bis dari airport ke KL Sentral atau Kuala Lumpur, bisa juga anda naik taxi, tapi anda sebaiknya membeli kupon taxi di airport, jika tidak, maka anda akan dikenakan biaya gila-gilaan dari si supir taxi. Biayanya mungkin sekitar RM 80 naik taksi ke KL Sentral atau Kuala lumpur. Atau jika anda sedang terburu-buru dan uang bukan merupakan masalah, bisa juga anda menyewa taxi limousine langsung ke Genting Highlands, atau bahkan menyewa helikopter langsung ke Genting juga bisa. Selamat berlibur!

Anda bisa cek harga tiket untuk memasuki fasilitas outdoor/indoor park dan fasilitas lainnya di website genting disini.

Nota:
- Harga tiket bisa saja sudah berubah tergantung kebijakan mereka masing-masing.

Sumber Referensi :
Wikipedia Ensiklopedia Bebas

Back To Top