Kamis, 10 September 2015

Menara Kembar Petronas yang Megah dan Indah

Menara kembar Petronas menjadi ikon yang negara Malaysia. Menara ini pernah menjadi menara tertinggi di dunia pada 1998 sampai 2004. Namun, setelah menara tertinggi di kota Taiwan yang bernama Taipei 101 ini berdiri, menara Petronas tak lagi menjadi menara tertinggi. Dilihat dari perspektif bangunan, menara Petronas memiliki delapan puluh delapan lantai yang jika dibandingkan dengan gedung WTC (World Trade Center) Amerika, terdapat selisih dua puluh dua lantai. Di siis lain arsitek menara petronas adalah seorang berkebangsaan Argentina yakni Caesa Pelli. Dengan dibangunnya menara ini, maka banyak wisatawan mancanegara yang bertandang di negeri yang dikenal dengan “Jiran Malaysia”.
Menara kembar petronas
Pemandangan Menara Kembar Petronas Malaysia KLCC | Foto credit to Owner

Jembatan Penghubung Menara Kembar Petronas

Menara ini dikenal publik dengan Twin Tower Petronas atau menara kembar Petronas. Uniknya, pada lantai empat puluh satu dan empat puluh dua, terdapat jembatan penyambung menara. Jembatan ini tak dipasang dengan struktur utama, melainkan dirancang supaya turun ke dalam atau pun ke luar menara. Hal itu dikarenakan supaya jembatan ini tak patah atau hancur tatkala diterpa oleh angin kencang. Sementara itu, dari sisi perkiraan konstruksi bangunan, jembatan ini terletak pada 170 meter dari permukaan jalan dan memiliki 85,4 meter untuk panjang jembatannya. Karena itu, dalam sejarah menara kembar petronas, ia dikenal dengan menara terkuat.
Menara kembar petronas
Penampakan Petrosains dalam Suria KLCC

 Menara Kembar Petronas dan Peristiwa Penting

Perlu dicatat bahwa pada 4 November 2005, terdapat kejadian kebakaran di daerah menara kembar Petronas. Di daerah pusat perbelanjaan Suria KLCC (di bawah gedung) tempat terjadi peristiwa itu. Penyulut kebakaran tersebut di area bioskop. Akan tetapi, tak ada korban dalam insiden tersebut. Meski demikian, banyak orang yang trauma karena kejadian yang cukup mencekam itu. Meski begitu, menara ini tak pernah sep untuk dikunjungi oleh wisatawan. 
Menara kembar petronas
Taman Ria KLCC | Foto Credit to Owner 
Karena telah dipaparkan dengan baik mengenai menara kembar di Malaysia itu, maka sekarang ini giliran kita masing-masing untuk membuktikan dengan bertandang ke Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan berandang langsung, kita akan mendapatkan gambaran nyata tentangnya. Di sisi lain, kita pun akan menikmati sajian modern peradaban terkini yang ada di negeri Jiran itu. Demikianlah, ulasan singkat tentang Menara Kembar Petronas.

0 Komentar Menara Kembar Petronas yang Megah dan Indah

Posting Komentar

Back To Top